Senin, 23 Juni 2014

Cats and Dogs Grooming

Hai hai ..
Ada yang suka pelihara anjing ato kucing ga ?
Kalo aku sih suka banget sm anjing, apalagi puppy, imut-imut gitu. Tapi sampe sekarang belum bisa pelihara sendiri karena kondisi yang ga memungkinkan :(
Nah, beberapa waktu yang lalu, ada temen yang ngajakin buat grooming ke rumah kliennya. Karena aku juga lagi ga ada acara, jadi aku ikut aja.
Tapi istilah grooming ini sebenernya agak asing juga sih buat aku, aku taunya groom itu pengantin laki-laki hahaha :D
Jadi grooming itu kondisi dimana dilakukan perawatan yang menjadikan sesuatu tampil beda ato secara singkatnya mungkin dandan. Kaya cewek-cewek sebelum pergi kencan hihi ..
Grooming ini bisa di istilahkan pada banyak objek, seperti manusia ato hewan. Kalo biasanya uda sering bahas tentang dandanan manusia lebih tepatnya wanita. Nah sekarang sekali-sekali bahas tentang hewan ga apa-apa dong ya?
Singkat cerita, aku dan temenku uda nyampe dirumah kliennya. Ternyata kliennya ini penyayang binatang. Karena di rumahnya ada dua ekor anjing dan tiga ekor kucing. Agak langka juga kedengerannya, anjing dan kucing bisa rukun barengan :p
Nah step pertama ini mandiin kucing, jadi biar kucingnya ga kabur kita masukin dulu ke kandangnya.
Pada tau kan kalo dari jaman kartun Tom and Jerry lahir, kucing itu dasarnya kurang suka air.
Say Hi :p
Jangan salah ya, itu bukan sunlight, tapi shampo khusus untuk anjing dan kucing, di taroh botol aqua biar gampang pakeinnya. Bulunya di gosok-gosok sambil di kasih shampo biar bener-bener bersih. Untunglah semua ini temenku yang ngerjain, aku cuma bagian dokumentasi aja. Karena kalo ga pengalaman pasti bakal kena cakar.
Nah selesai mandi, biar ga masuk angin perlu juga pake handuk, tapi handuknya si pussy cat ini adalah kanebo. Inget ya jangan di jadiin satu kanebo yang buat ngelap motor ato mobil sama yang buat keringin badan kucing. Kanebonya harus uda dicuci bersih dan dikeringin sebelumnya.
Step selanjutnya adalah keringin bulunya pake hair dryer, yang ini bagianku. Karena bagian yang paling gampang. Ini foto pas ngeringin bulu pasien kedua, anjing ras apa kurang tau. Pertamanya anjing ini galak banget lho, gonggong ga berenti-berenti tapi abis dimandiin jadi manja dan nurut banget. Seneng juga liadnya. Oh ya, jangan lupa abis dikeringin bulunya terus disisir dan dikasih parfum khusus biar wangi ><
Walaupun foto pasiennya beda-beda tapi stepnya tetep sama kok. Abis bulunya kering, saatnya bersihin telinga. Pertama-tama telinga bagian luar dibersihin pake tissu basah, terus dilihat bagian dalemnya. Kalo ada kotoran kita bersihin pake cotton bud hati-hati.
Selanjutnya adalah motongin kuku, karena pada step ini agak susah jadi aku ga bisa ambil fotonya. Step ini aku bantuin temenku megangin kaki tangan si kucing dan anjing. Dan temenku yang motongin kukunya. Agak takut juga kalo pasiennya marah terus nyakar, tapi untunglah ga terjadi kekerasan apapun lol.
FYI, gunting kukunya khusus juga lho, kalo sekilas kaya tang yang di pake di alat bangunan.
Yang ini ambil dari google, punya temenku persis kaya gini tapi warna item
Bagian tersusah menurutku adalah motongin kuku dan bersihin telinga, karena kalo ga ekstra hati-hati kucing ato anjing bisa ngamuk dan kita sendiri yang terluka kena cakaran maut, haha :D
Ini adalah foto kelima pasien kita abis grooming :
Dan yang terakhir adalah anjing ras golden. Golden emang dikenal sebagai anjing yang sabar banget. Tapi ya gitu, golden yang kemarin ini agak hyperaktif. Ga tau juga semua golden gitu apa cuma ini. Apalagi badannya gede banget dan tangannya suka dinaikin ke atas minta dipegang ato dipeluk gitu. Jadi pas grooming golden ini agak susah, karena dia suka lari kesana kemari. Tapi akhirnya kita bisa selesein semuanya >.<
Buat kalian yang punya anjing ato kucing dirumah, uda pada tau ga cara dandaninnya gimana? Mungkin kalo ga pengen ribet bisa langsung dibawa ke salon ( pet shop ). Tapi kalo kalian pengen kerjain sendiri, bisa coba step-step yang aku post disini berdasarkan pengalaman sehariku ini.
Hmm, menurut kalian dari lima pasien ini, mana yang paling lucu dan pengen diculik?
Let me know :)

2 komentar:

  1. lucuu-lucuu yaa
    gemes liatnya

    http://amourpixie.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya say, lucu-lucu apalagi kalo abis mandi pada wangi sm halus bulunya :D

      Hapus