September 24, 2014

Random Things Mencegah Jerawat #1

How are you today ?
Semoga semuanya dalam kondisi fit ya, karena kali ini aku lagi flu, kepala pusing dan pilek parah.
Biasanya kalo kecapean bakalan kaya gini, dan yang bikin ga enak adalah pileknya ga reda-reda, walaupun diminumin obat tetep aja ga berhenti. Kira-kira kalo udah ngabisin tissu satu pack baru mulai agak mendingan T___T
Karena lagi ga enak badan, akhirnya mau ngapa-ngapain juga ga bersemangat jadi aku harus menunda review yang rencananya akan ku tulis minggu ini. Untuk itu sebagai gantinya aku mau bicarain seputar mencegah jerawat. Yang namanya jerawat, selalu ga ada habisnya buat diomongin, dari masa ke masa selalu jadi topik hangat yang kadang pertanyaannya gitu-gitu doang.
credit from google
Aku sendiri jujur masih belum bisa basmi jerawat, masih sering jerawatan waktu trial error skincare. Jadi disini aku nulis berdasarkan pengalaman dan kesalahanku selama ini. Untuk itu aku sertakan #1 karena nantinya aku akan buat #2 dan seterusnya sesuai pengalamanku :p

1. Hentikan pemakaian make up dan skincare yang dibenci kulitmu.
credit from google
Yang ini merupakan pengalaman pribadiku, dulu waktu aku pake produk A dan setelah memakainya jerawatan, aku suka ngeyel masih pake. Alibinya banyak, mulai dari pembelaan bahwa mungkin cuma kebetulan aja jerawat muncul, sampai pemikiran bahwa sayang jika produk itu ga dipake lagi. Dan akhirnya timbullah pemikiran "Ah, ntar tunggu produk ini abis aja terus ga usah beli lagi."
Untunglah saat ini aku udah insyaf dari pemikiran naif seperti itu, hahaha.. Karena pemikiran kaya gini yang bikin kulit kita tersiksa dan pastinya jerawat akan timbul terus-menerus. Untuk memastikan apa benar produk itu bikin kita jerawatan, mungkin kita bisa coba dengan pemakaian single use untuk memastikan. Setelah yakin bahwa penyebab jerawat adalah produk tersebut, tentu saja kita harus menghentikan pemakaian, barangnya bisa dijual preloved, ato kalo males ribet ya dikasih ke temen yang mau aja :D
"Hah? Dikasih temen? Gila aja ini belinya mahal butuh nabung tiga tahun belinya." Kalo gitu dijual preloved aja, dengan ribet dikit motoin barang-barangnya dan sering-sering posting ke sosmed nawarin barang itu lengkap dengan penjelasan kondisi barang.
Untuk menghindari hal-hal yang ga diinginkan, lebih baik kita cari beli sample ato share jar produk-produk yang kita pengen coba yang harganya tergolong mahal. Biar nantinya ga ada penyesalan :p

2. Bersihkan hingga tuntas make-up mu.
credit from google
Yang ini mungkin sudah bukan rahasia lagi, tapi nyatanya ada temenku yang sempet salah pengertian. Selama ini dia bersihkan full make up hanya dengan satu sampai dua kapas aja. Kadang kalo lihat kapas udah warna-warni penuh dengan make up, kita sering merasa bahwa wajah kita udah bersih. Padahal pemikiran ini sebenernya salah. Kita harus membersihkan make up sampai kapas benar-benar putih. Selain itu double cleansing sangat disarankan, yaitu setelah membersihkan make up dengan cleansing oil ato make up remover, kita perlu membersihkan wajah lagi dengan menggunakan facial wash sebelum melanjutkan skin care rutin.
Ada baiknya sebelum menggunakan facial wash kita membasuh wajah dengan menggunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa kotoran. Jangan lupa untuk membasuh wajah dengan air dingin setelah selesai, untuk menutup pori-pori wajah.

Belakangan ini, aku sering pake air hangat untuk membersihkan wajah dan rasanya wajah lebih segar, juga ga pernah muncul jerawat setelah penggunaan make up. Tapi sampai sekarang aku masih belum ketemu skin care yang bener-bener cocok dan bisa mencegah jerawat. Semoga aja trial error nya ga berlangsung lama u_u

Semoga tulisanku ini sedikit membantu kalian, walaupun kaya nya dua hal di atas udah banyak banget yang tau. Next aku akan bikin seri kedua untuk mencegah jerawat, stay tune ^_^

4 comments:

  1. bener nih apalagi yang no. 1, aku pernah punya produk yg gara2 mahal aku ngotot pakai, ternyata malah breakout >_< kulit memang pilih2 yah
    nice post! salam kenal ya ^^
    ♡ MY BLOG ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, hihi .. jangankan yg mahal, yang harganya biasa aja kadang suka ga rela kalo udah trlanjur beli terus ga cocok @__@
      salam kenal juga Jes, aku juga sering banget main ke blogmu, thanks for stopping by :)

      Delete
  2. Great post!

    xx,
    www.mellowyellowblog.com

    ReplyDelete