Rabu, 19 November 2014

Hakata Ikkousha Surabaya

Udah lama banget ga post tentang kulineran, jadi kangen juga :p
Hobi dan cinta makan itu emang aku banget #hidupuntukmakan, tapi kadang malu banget kalo harus foto-foto secara detail. Ntar dikira ndeso, pasti sebagian orang bakal ngira aku aneh, ih orang ini dateng dari kampung mana sih -__-
Tapi karena aku kangen bikin post tentang kuliner, akhirnya aku merelakan pandangan hina akan diriku hari Sabtu, 15 November kemarin. Untuk hari itu aku menebalkan muka dari segala rasa malu, hahaha :D
Kali ini mau review Hakata Ikkousha, tempat makan ramen yang lumayan kondang. Walaupun gitu, aku belum pernah coba makan ramen disini sebelumnya.
Restonya lumayan luas, tatanan dan dekorasi ruangannya juga sederhana.
Aku kesana berjamaah dengan empat orang temenku.
Nuansa Hakata Ikkousha berwarna coklat, bahkan meja dan kursinya juga berwarna coklat kayu.
Seperti di resto Jepang pada umumnya, setelah kami masuk, semua pegawainya serentak mengucapkan selamat datang dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang dengan meriah :D
Ini adalah buku menu, buku menunya lumayan gede, satu buku hampir memenuhi satu meja. Waktu itu aku ga diperbolehkan mengambil foto daftar-daftar menunya :(
Meja dan kursinya terlihat sangat tradisional, berwarna coklat kayu. Di tiap meja ada satu set bumbu-bumbu, tissu, juga buku menu.
Jangan berharap ada sofa disini, semuanya kursi kayu seperti di foto. Kalo dalam Bahasa Jawa, kursi kayu ini disebut dingklik. Tapi good newsnya semua kursinya dilapisi dengan bantalan, jadi waktu duduk cukup nyaman, ga terlalu terasa atos.
Ini adalah satu set peralatan yang ada di tiap meja. Disitu ada semangkuk bawang putih mentah juga. Untuk kesehatan sangat baik memakan bawang putih mentah saat makan, karena bisa mengurangi resiko kolestrol. Aku tahu hal ini karena melihat kebiasaan papaku, dan Hakata ternyata cukup perhatian dengan hal seperti ini.
 Setelah duduk dan melihat buku menu, kita agak galau juga mau pilih makan apa.
Dan beberapa saat kemudian tiga orang dari kami memilih satu menu yang sama, Ramen Babi Tamtam. Sedangkan temenku yang lain memesan Tonteki dan Gyoza.
Pesanan yang dateng pertama kali adalah Gyoza. Rasanya menurutku biasa aja, tapi dua orang dari kami sangat suka dengan Gyoza buatan Hakata. Kalo aku beri skor, Gyoza ini nilainya 6,5/10.
Berikutnya adalah Ramen Babi Tamtam, kemudian Tonteki berturut-turut dateng juga.
Pesananku adalah Ramen Babi Tamtam. Sebenernya aku pesen menu ini karena bingung dan takut salah pesan, terus nyontek sama hasil pesanan terbanyak xD
Saat memesan mie, ada beberapa jenis mie yang bisa kita pilih, seperti mie kecil, mie besar, mie merah, dll.
Aku manut aja dengan kedua orang temenku yang memilih mie kecil. Ga punya pendirian banget ya >_<
Kuah ramen memenuhi mangkok ku, jadi daging babi dan ramennya ga kelihatan lol
Aku berusaha cari foto yang tepat buat nunjukin ramennya, tapi yang ada malah agak berantakan. Di dalam ramenku ada beberapa potong daging babi dan dua telur dengan kuning telur setengah matang, yumm ..
Kuah ramennya cukup kental dan agak berlemak. Ini nih yang bikin cewek-cewek takut gendut tapi ga bisa nahan nafsu makan :p
Sebagai kesan kalo Hakata ini resto ramen kondang, rasanya aku ga begitu pro dengan sebutan itu. Karena menurutku ramennya punya skor 7/10. Dan aku pernah mencoba makan ramen di tempat lain yang aku rasa taste better. Tapi aku juga ga tahu apakah karena aku salah pilih menu. Karena lagi-lagi dua orang diantara kami selalu memesan menu ini setiap ke Hakata, dan menu ini merupakan favorit mereka. Aduh jangan-jangan lidahku ya yang lagi bermasalah *pasrah
Biar ga kesedak, kita pastinya pesan minuman dong. Untuk berpikir ekonomis dan puas, kita pesen ocha dingin free refill :p
Kita ga perlu khawatir kehausan atau kehabisan ocha, karena waitressnya selalu datang me-refill sebelum gelas minuman kita kosong.
Ini adalah Tonteki pesanan temenku, Tonteki ini adalah Steak Babi. Aku sempet icip sedikit, dan menurutku menu yang paling enak diantara pilihan kita semua adalah menu ini.
Congratulation Yunita yang pesen ini lol.
Rasanya sangat pas, hanya menurut kita porsinya terlalu dikit kebiasaan suka porsi banyak apalagi empat orang diantara kita masing-masing mencicipi menu ini. Jadi kebayang kan kalo si empunya makanan bakal lebih miris karena makanannya lebih dikit lagi, hahaha ..
Ga seperti Yunita mencicipi ramenku yang porsinya sebanyak itu, pastinya aku bakal tetep kenyang walaupun aku kasih ke Yunita satu atau dua kali. Tontekinya aku kasih nilai 8,5/10.
Setelah menikmati makanan pesanan kita, aku dan Yunita juga pergi ke toilet sekalian ngecek kaya gimana sih toiletnya.
Toiletnya cukup luas dan bersih. Ada juga kaca besar di wastafelnya cocok buat yang doyan selfie di toilet xD
Setelah balik dari toilet kita ngobrol sebentar dan tanpa disadari waktu itu hujan deras. Kita sempet bingung, karena kita parkir di daerah Bonet, seberang Hakata. Dan waktu itu udah hampir jam 22.00. Ga mungkin kan kita berlari nyebrang jalan sambil ujan-ujanan kaya di film India (?)
Untungnya saat kita menanyakan untuk mencari taksi, waitress Hakata dengan sigap langsung menelepon satu taxi untuk kita. Tadinya aku kira bakal disuruh telepon sendiri lho.
Sementara kita menunggu taxi dateng, kita langsung meminta dan membayar bill, sebelumnya wefie dulu,
Saat itu aku terlihat agak mengerikan, karena bare face. Ga bisa makeup an setelah facial treatment. tapi its okay lah, yang penting hati senang karena makan.
Meja kasir
Walaupun aku ambil foto ini, tapi sampe sekarang aku belum follow instagramnya juga. Mungkin abis post ini aku harus buru-buru buka instagram dan follow Hakata biar dapet voucher *syndrome gratisanholic

Ramen Babi Tamtam IDR 58.000
Gyoza Babi Bakar IDR 28.000
Tonteki (Steak Babi) IDR 58.000
Ocha dingin (free refill) IDR 8.800

Selain menu babi ada juga menu daging sapinya.
Harga belum termasuk tax 10% dan service charge 5%.

Setelah taxi dateng, kita cepet-cepet keluar dan waiternya mengantar kita sampe ke taxi dengan meminjamkan payung. Servicenya bener-bener memuaskan. Jadi aku rasa kita layak bayar service charge buat refill ocha yang ga pernah telat, nelponin taxi, dan pinjemin kita payung sampe naik taxi.

Hakata Ikkousha
Jl. Manyar Kertoarjo 38, Surabaya
Tlp. 031-5930898

Psst, setelah dari Hakata kita ga pulang lho, masih ada next trip kulinerannya, stay tune :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar